JTEORI PENAWARANPertemuan 8
PENAWARAN
Adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual:
pada suatu pasar tertentu,
pada periode tertentu, dan
pada tingkat harga tertentu
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN
Harga barang itu sendiri
Harga barang-barang lain
Ongkos dan biaya produksi
Tujuan produksi dari perusahaan
Teknologi yang digunakan
HUKUM PENAWARAN
PERBANDINGAN LURUS ANTARA HARGA TERHADAP JUMLAH BARANG YANG DITAWARKAN, YAITU:
APABILA HARGA NAIK, MAKA PENAWARAN AKAN MENINGKAT,SEBALIKNYA APABILA HARGA TURUN PENAWARAN AKAN TURUN
TEORI PENAWARAN
JIKA JUMLAH BARANG YANG DITAWARKAN SANGAT BANYAK, MAKA HARGA BARANG TERSEBUT CENDERUNG TURUN.
SEBALIKNYA, BILA JUMLAH PENAWARAN BARANG TERSEBUT RELATIF SEDIKIT, MAKA HARGA BARANG CENDERUNG NAIK.
KURVA PENAWARAN BERDASARKAN HUKUM PENAWARAN
P
C
B
A
Q
KETERANGAN KURVA
Jumlah barang yang ditawarkan adalah masing-masing tingkat harga A,B, C.
Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang ditawarkan yang terdapat pada kurva penawaran tersebut, yaitu A + B + C
KURVA PENAWARAN BERDASARKAN TEORI PENAWARAN
P
Bila penawaran naik (Q). Maka harga (P) turun, sebaliknya bila barang relatif sedikit, maka
cenderung harga naik
Q
HUBUNGAN DG FUNGSI PRODUKSI
Jika pada suatu pasar terdapat penawaran suatu produk yang relatif sangat banyak, maka:
Barang yang tesedia di pasa dapat memenuhi semua permintaan sehingga untuk mempercepat penjualan produsen akan menuunkan harga jual produk tersebut.
Penjual akan berusaha utk meningkatkan dan memperbesar keuntungannya dengan cara secepat mungkin memperbanyak jumlah penjualan poduksi.
Jika pada suatu pasar terdapat penawaran suatu produk yang relatif sedikit, maka yang terjadi adalah harga akan naik. Keadaan ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
Barang yang tersedia pada produsen/penjual relatif sedikit sehingga manakala jumlah permintaan stabil, maka produsen akan berusaha menjual produknya dengan menaikkan harga jualnya.
Produsen/penjual hanya akan meningkatkan keuntungannya dari menaikkan harga
AKTIFITAS EKONOMI ISLAM
Dilarang melakukan mafsadah (kerusakan)
Dilarang melakukan transaksi garar
Dilarang melakukan transaksi maisir
Dilarang melakukan transaksi riba
PENGARUH ZAKAT PERNIAGAAN
Tidak memberikan pengaruh pada laba rata-rata
Tidak memberikan pengaruh pada marginal kost
MEMAKSIMALKAN LABA BERARTI PULA MEMAKSIMALKAN SURPLUS PRODUSEN
- Pamela case
5.12.2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment