1.25.2012

Solusi Font Maktabah Syamilah Tidak Terbaca

Berawal dari keinginan saya untuk menginstall  “MAKTABAH SYAMILAH (MS)”, saya mencari-cari software perpustakaan digital tersebut. Setelah menannya sana sini kepada teman-teman saya akhirnya saya mendapatkan software tersebut. Akan tetapi MS  yang saya dapatkan tidak bisa dibaca, karena fontnya adalah ‘font turki’ kata teman saya. Daripada saya tidak mendapatkan MS sama sekali, Saya pun mencoba memaksakan diri untuk menginstall software MS yang berbahasa turki tersebut.


Setelah saya install, ternyata benar. MS installan saya tidak terbaca, dan yang  muncul adalah font turki (versi teman saya). Saya pun agak kuatir dan sekaligus penasaran, jangan-jangan ada part yang tidak terinstall secara benar, atau  salah cara installnya. Akhirnya saya cari solusi dengan menanyakan masalah tersebut kepada mbah saya, seorang ulama besar zaman ini, namanya, Mbah Kyai Google.  Mbah saya pun menjelaskan bagaimana cara menginstall MS yang benar dan tidak berubah menjadi font turki seperti yng saya lakukan.
Ternyata  dan ternyata, untuk Maktabah Syamilah yang berversi 3 ini kita tidak perlu menginstalnya karena Software ini bersifat portable. Tapi sebelum kita menggunakan software ini kita harus menseting komputer / notebook menjadi enable arabic. Hal ini dilakukan agar font dari Maktabah Syamilah dapat terbaca dengan baik, tidak kotak-kotak atau seperti huruf yang tidak jelas. Untuk Windows 7 ini caranya lebih mudah jika di bandingkan pada windows XP karena untuk Windows 7 tidak mememerlukan CD Windows 7 berbeda dengan Windows XP yang untuk mengenablekan windows arabicnya harus menggunakan CD Windows XP.

Ok, berikut adalah langkah-langkah untuk menseting agar Windows 7 enable arabic.

Masuk pada 'Control Panel' kemudian masuk ke 'Region and Language'



Klik pada tab 'Administrative' pada menu 'Change system locale' pilih 'Arabic (Saudi Arabia)'


Terakhir Restart komputer baru kemudian buka aplikasi  Maktabah Syamilah jika langkah-langkah yang anda lakukan benar, maka font pada aplikasi Maktabah Syamilah akan terbaca dengan baik yaitu tulisan arab.


Alhamdulillah pada install-an yang ke dua ini saya berhasil. Font arabic nya bisa terbaca tidak berubah menjadi font TuRkiCe seperti punya teman saya itu,,

#leyehleyehsambilngopi KOPI LAMPUNG,,,
Semoga bermanfaat,,
src : maktabahsyamila.blogspot..com

No comments:

Post a Comment